Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!

[ISIGOOD.COM] Kamu siswa yang baru lulus SMA/SMK/sederajad dan sekarang lagi nyari tempat kuliah? Wah, pasti kamu lagi pusing tujuh keliling karena bingung mau pilih yang mana di antara begitu banyak pilihan kampus dan prodi-prodinya. Tenang sajaa, intinya sih kalau memilih prodi ya sesuai dengan passion dan bakat kamu. Sementara kampus, cukup cari yang memang memiliki pamor bagus dan terakreditasi dengan baik. Mudah kan?

Nah, di antara semua kebingunganmu memilih tempat kuliah dan prodi, pernahkah kamu bingung memilih strata yang akan kamu ambil? Yang dimaksud strata adalah D3, S1, dan D4 atau biasa juga disebut S1 Terapan. Wah, apa bedanya tuh? D3 itu kan diploma, untuk mahasiswa yang berorientasi kerja, dan posisinya setingkat di bawah S1. Sementara S1 itu kan sarjana, bisa lanjut S2 menjadi Master dan S3 menjadi Doktor. Nah, apa pula itu D4? Lanjutan dari D3? Terus dari D4 itu harus ke S1 lagi? Atau bisa langsung ke S2? Atau gimana? Bingung kan?

Oke, nampaknya memang masyarakat kita masih awam dengan D4. Umumnya kita mengenal bahwa setelah lulus SMA atau sederajad, kita bisa memilih D3 sebagai program diploma yang kuliahnya berorientasi pada praktek sehingga lebih mudah diterima kerja, atau memilih S1 alias program sarjana untuk menjadi akademisi yang berorientasi pada pengembangan ilmu. Jadi, apa pula itu D4? Inilah hal-hal yang wajib kamu pahami tentang D4 jika sedang berburu tempat kuliah.

Pahami dulu KKNI, alias Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kenali tiga jalur pendidikan serta stratanya dan bagaimana konsekuensinya pada dunia kerja. Di mana posisi D4?


Pernah dengar KKNI?

KKNI! Pernah dengar? Pasti belum. Oke gini, jadi menurut Perpres No.8 Tahun 2012, Negara Indonesia mengesahkan sistem Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia alias KKNI. Jadi, ada tiga jalur pendidikan yang diakui di Indonesia: Akademik, Vokasi, dan Profesi. Ketiga jalur ini memiliki sembilan level yang sama dan ketiga-tiganya berdiri setara. Seperti yang bisa kamu lihat di tabel berikut.

Untitled

Harapannya, kamu kuliah di manapun, dengan memilih jalur apapun, tidak akan ada bedanya secara derajad kompetensi.

Coba bayangkan ada tiga orang pelajar yang menempuh jalur pendidikan yang berbeda. Yang satu memperoleh gelar S1, artinya ia memiliki level 6 KKNI jalur Akademik. Orang yang kedua memperoleh gelar D4, artinya ia memiliki level 6 KKNI jalur Vokasi, orang ketiga mengikuti pelatihan profesi dan memperoleh gelar Ahli, yang artinya level 6 KKNI jalur Profesi.

Mereka bertiga, meski menempuh jalur pendidikan berbeda, akan dianggap memiliki kompetensi dan kemampuan yang sama. Sebagaimana anak SMA itu setara dengan SMK ataupun Madrasah Aliyah, sama-sama level 2 KKNI. Hanya beda jalur penekanan saja.

Nah, D4 gimana dong? Yap, D4 seperti yang kamu lihat adalah gelar yang berada di jalur Vokasi dan berada di level 6 KKNI. Artinya, jika disandingkan dengan “saudaranya” di jalur Akademik, D4 itu setara dengan S1 atau Sarjana. Maka itu banyak yang menyebut D4 sebagai “S1 Terapan.” Apa bedanya? Dengar baik-baik:

S1 sebagai gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Akademik, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan teori. Diharapkan lulusan S1 bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang ia geluti sesuai bidangnya. Sementara D4 sebagai gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Vokasi, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan praktek. Diharapkan lulusan D4 bisa memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih mantap, sehingga mudah masuk ke dunia kerja.

Untitled

Setara, tapi tak sama. Sederajad, tapi memiliki arah yang berbeda. Mana yang akan kamu pilih?

Jadi D4 itu setara dengan S1 menurut KKNI yang telah disahkan oleh Perpres No. 8 Tahun 2012. Perpres itu adalah aturan negara bung, jadi sah dan valid.

Baik S1 maupun D4 sama-sama gelar yang berada pada level 6 KKNI. Berarti, seseorang yang memiliki gelar S1 dan D4, sama-sama diharapkan bisa melakukan hal yang sama, memiliki beban kerja yang sama, dan disamakan pula gajinya.

Misalnya, ada seorang lulusan kampus A yang mendapat gelar S1 Teknik Informatika. Sementara ada orang lain yang lulus dari kampus B dengan gelar D4 Teknik Informatika. Tidak ada bedanya! Mereka sama-sama lulusan Teknik Informatika dengan kompetensi setara level 6 KKNI. Perusahaan tidak perlu lagi mencari kerja dengan mengatakan:

Dicari lulusan S1 Teknik Informatika

Lowongan seperti itu masih hanya sebatas melihat gelar. Tapi kelak perusahaan yang cerdas akan mengatakan:

Dicari lulusan perguruan tinggi Teknik Informatika dengan kompetensi desain grafis dan multimedia setara level 6 KKNI

Jadi baik lulusan S1 maupun D4 bisa mendaftar di lowongan itu karena mereka berada pada level 6 KKNI.

Lha tapi kan katanya S1 dan D4 meski setara secara derajad tapi berbeda secara penekanan? Benar sekali, maka itu lulusan S1 sering ditempatkan di tataran manajemen strategis, karena ia memiliki wawasan teoretik, diharapkan ia mampu merancang rencana strategis perusahaan. Sementara D4 lebih sering berada di jabatan supervisor, alias manajer lapangan, karena kemampuan praktisnya dan wawasannya tentang kerja lapangan yang tidak hanya teori.

Tapi mohon diingat, ini semua kan hanya sebatas konsep antara gelar kuliah dan penempatan kerja. Perkara kamu ingin lebih mantap lagi dalam karir, bisa naik pangkat, jadi CEO, atau bikin perusahaan sendiri, itu kan balik lagi ke usahamu di dunia kerja!

Karena D4 itu setara S1, jadi bisa gak ya lanjut S2? YA BISA DONG!

Beneran bisa nih? Ya bisa dong! Sudah lihat kan ilustrasi di atas? D4 kan setara S1, jadi logikanya D4 tentu saja bisa lanjut S2. Untuk di jalur Vokasi sendiri namanya S2 Terapan, yang kemudian nanti bisa kamu lanjut lagi ke S3 Terapan.

Sama saja seperti jika kamu lulus dari SMA, sepupumu lulus SMK, dan tetanggamu lulus Madrasah Aliyah (MA), meski nama sekolah kalian beda, namun derajad kalian semua sama dan sama-sama bisa lanjut kuliah. Kenapa? karena memang begitulah urutan jenjang pendidikan kalian. Yang tidak bisa itu kalau masih SMP tapi langsung lanjut kuliah. Itu baru main terobos. Hehehe.

Jadi, jika ada yang bilang:

Jangan masuk D4 dong, kenapa gak S1 sekalian? Entar kalo D4 kan harus kuliah lagi demi jadi S1, baru nanti bisa lanjut S2 dan seterusnya.

Kamu istighfar aja ya dek… Dan suruh orang itu untuk baca KKNI.

Nah, selamat mencari tempat kuliah!

Informasi ini dikutip dari website dibawah ini, Untuk lebih lengkap dan jelas silahkan buka websitenya.

http://www.isigood.com/pendidikan-beasiswa/apa-itu-d4-apa-bedanya-dengan-s1-kamu-calon-mahasiswa-harus-tahu/

 

Berita Terkait