Kegiatan Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) - 5

SNAV ke-5 ini diselenggarakan di kota Makassar pada tahun 2016. mengangkat tema Kesiapan Pendidikan Akuntansi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemilihan tema ini didasarkan pada kenyataan bahwa, ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan berlaku efektif mulai pada awal tahun 2016. Kemudian salah satu sektor jasa  dari 5 (lima) sektor jasa yang telah disepakati dalam MRA (Mutually Recognition Agreement) adalah Jasa Akuntansi.

Kegiatan SNAV 5 yang berlangsung dari tanggal 12 – 14 Mei 2016 terdiri atas rangkaian kegiatan: keynote speech, parallel session, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Data registrasi kegiatan SNAV ini diikuti oleh .150 peserta. Paper yang masuk 95 setelah melalui proses seleksi oleh tim reviewer ada 77 paper yang lulus seleksi. Dari 77 ada 5 yang mengundurkan diri dan 4 lagi tidak ada respon. Jadi paper dipresentasikan ada 68 paper. Excellent Paper berjudul Analisis Dampak Penyertaan Indonesia dalam Asean Economic Community (AEC) Ditinjau dari Teori Country Specific Advantages (CSA) & Firm Specific Advantages (FSA)  Sesuai Konsep Porter’s Five Forces Model oleh Ali Masjono dari Politeknik Negeri Jakarta

SNAV ke-5 telah diendorse oleh Ikatan Akuntan Indonesia dan bernilai 20 SKP bagi anggota IAI sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. SKP ini dapat diberikan penuh sejumlah 20 SKP kepada peserta yang menghadiri seluruh rangkaian acara yang dibuktikan dengan daftar hadir peserta yang disampaikan ke DPN IAI setelah acara berlangsung. Peserta yang tidak mengikuti keseluruhan rangkaian acara, SKP dihitung proporsional sesuai dengan waktu kehadiran.

Kegiatan ini didukung oleh:

  1. Pemerintah Kota Makassar
  2. Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang dan segenap jajarannya
  3. Ikatan Akuntan Indonesia
  4. Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Sulawesi Selatan
  5. Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  6. Forum Ketua Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri se Indonesia
  7. Para sponsor: PT. Pelindo IV, PT. Semen Tonasa, PT. Lintasarta, PT. Bank Sulsel Syariah, PT. Bank BRI, Yayasan Kalla, PT. Media Fajar, Tribun Timur, KAP Usman dan Rekan, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Akuntansi Unhas, Primadeva Catering.
  8. Semua pihak yang telah berpartisipasi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Terkhusus seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan acara ini. Tentu dalam pelaksanaan kegiatan  terdapat kekurangan dan kesalahan, untuk itu atas nama PNUP dan segenap panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih

Berita Terkait